KUNJUNGAN
BALAI KARANTINA KESEHATAN (BKK) KELAS I DI KLINIK DOKTERKU
Lumajang,
12 Agustus 2025. Sabtu siang tim Balai Karantinan Kesehatan (BKK) mengunjungi
Klinik Dokterku. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah silaturahmi dan saling
berbagi ilmu mengenai kualitas mutu pelayanan pada klinik pratama. Kehadiran
tim BKK disambut hangat oleh tim Klinik Dokterku. Pertemuan tersebut diharapkan
dapat membawa dampak baik terhadap perkembangan mutu pelayanan yang ada.
Setelah
berbincang sejenak di ruang tamu Klinik Dokterku, tim BKK menuju ruang ICV
untuk melihat dan memastikan operasional Klinik ICV berjalan dengan baik dan
sesuai SOP yang berlaku. Tim BKK diajak untuk room tour untuk melihat
secara langsung fasilitas, alur pelayanan, dan tata letak ruangan ICV. Tim
Klinik Dokterku juga menjelaskan sekaligus bertukar pendapat mengenai ICV
dengan tim BKK. Diskusi berlangsung cukup interaktif untuk menjamin mutu vaksin
di Klinik Dokterku.
Selanjutnya
tim BKK mengunjungi Apotek yang juga menjadi sarana dan prasarana penting dalam
menunjang kualitas mutu pelayanan. dr.
Iman sebagai penangggungjawab Klinik Dokterku dan apoteker Desty selaku Kepala
Unit Apotek Dini Farma mendampingi kunjungan tersebut sembari berdiskusi hangat
dengan tim BKK.
Kualitas mutu pelayanan pada klinik kesehatan sangat penting untuk dijaga karena dampaknya yang cukup signifikan terhadap kepuasan pasien, efektivitas perawatan, serta sebagai personal branding dari klinik pratama tersebut. Mutu pelayanan yang terkoordinasi dengan baik dapat meningkatkan kepercayaan pasien, mengurangi risiko kesalahan medis, serta memberikan kontribusi pada peningkatan motivasi kerja tenaga kesehatan. Kunjungan tim BKK berakhir pada sore hari. Kunjungan tersebut membawa harapan tinggi untuk Klinik Dokterku agar selalu berbenah menjaga kuantitas dan kualitas mutu pelayanan terhadap masyarakat umum, khususnya untuk yang melakukan perjalanan ke luar negeri.